Editing GRUB pada Linux Ubuntu 8.04

linux Ubuntu 8.04 yang dikenal dengan nama sandi Hardy Heron baru saja di luncurkan April 2008. Tentu saja hal ini akan segera memancing para penggemar Ubuntu untuk segera mencoba dan menginstalnya. Bagi para penggemar Linux yang belum bisa meningalkan MS Windows karena suatu alasan maka biasanya penggemar ini akan menginstal 2 operating system sekaligus dalam satu komputer, ini disebut sebagai sistem dual booting.

Saat Ubuntu diinstal pada suatu komputer yang telah diinstal Windows maka ketika si installer memilih untuk membuat dual booting, maka Ubuntu ini secara otomatis akan membuat suatu menu untuk mengatur pemilihan booting (booting loader). Ada 2 jenis boot loader yang cukup dikenal di Linux yaitu LILO dan GRUB. Secara default jenis boot loader yang dipasang oleh Ubuntu adalah GRUB. Saat proses instalasi Ubuntu selesai dan komputer restart maka akan memunculkan boot loader GRUB ini. Pada GRUB ini akan terlihat pilihan Operating System dari Linux maupun Windows. Ada 3 pilihan booting Linux dan 1 pilihan booting MS Windows (pilihan-pilihan ini yang umum tapi bisa juga berbeda tergantung operating sistem yang ada di komputer yangbersangkutan). Menurut saya, pilihan-pilihan ini jadi kelihatan rumit dan berantakan, karena tulisannya panjang-panjang dan default booting tertuju pada Linux Ubuntu.

GRUB

Saya ingin menyederhanakan menu GRUB ini hanya menjadi 2 pilihan booting Linux Ubuntu dan 1 pilihan booting MS Windows dengan booting default pada Windows dan tulisan pilihannya di sederhanakan (tidak terlalu panjang). Maka yang harus dilakukan adalah meng-edit file menu.lst yang ada di folder /boot/grub/menu.lst

Langkah-langkah lengkapnya adalah :

1. Booting ke Ubuntu yang telah di install

2. Klik ApplicationsAccessories – klik Terminal

Linux_Terminal

Terminal_Linux

3. Pada terminal ketik : sudo gedit /boot/grub/menu.lst

sudo adalah command untuk mendapat hak mengakses root (administrator)

gedit (Gnome Edit) adalah perintah membuka text editor berbasis windows

Untuk menjalankan perintah ini Anda harus tahu password root.

4. Setelah gedit membuka file menu.lst maka lakukan editing pada pilihan menu booting pada bagian bawah file menu.lst ini. Editing ini misalnya, pada kolom title kita edit untuk disederhanakan. Kemudian pindahkan menu booting MS Windows denga cara di cut kemudian di paste pada bagian kolom kosong seblum blok booting Linux.

Grub edit

5. Setelah selesai editing, save, dan lakukan restart komputer agar tahu perubahannya.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat

(sumber : www.isparmo.web.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: