Mengembalikan Grub yang hilang

Rekan-rekan mungkin pernah menginstall komputer dengan dual OS, sebut saja Windows XP dan Ubuntu. Pada suatu saat Windows Xp terkena virus atau yang lainnya, yang pada akhirnya menyebabkan rekan-rekan menginstall ulang Windows. dan Setelah itu, rekan-rekan tidak bisa masuk lagi ke Ubuntu.

Hal tersebut diatas disebabkan karena pada saat kita menginstall ulang windows dengan tujuan untuk memperbaikinya, secara kita sadari maupun tidak loader windows telah menimpa Grub di MBR (Master Boot Record). Lalu pertanyaannya sekarang adalah, apakah bila sudah begitu, kita juga akan menginstall ulang Ubuntu kita ? apakah tidak bisa di recovery Grub-nya Ubuntu tanpa harus menginstall-nya ulang ??

jawabannya adalah Bisa. Berikut ini adalah langkah-langkah yang mungkin bisa berguna untuk rekan-rekan bila suatu saat anda mendapatkan masalah yang sama. Pertama tama sebelum kita melakukan recovery yang harus di perhatikan adalah :

1. Pastikan anda telah mempunyai dan mempersiapkan LiveCD Ubuntu. Ini penting karena kita akan menggunakan LiveCD sebagai sarana untuk melakukan recovery

2. Pastikan urutan booting komputer anda untuk membaca dari CD-Room

3. Pastikan anda telah mempersiapkan camilan dan secangkir kopi. bagi penulis ini unsur yang penting, gak tau lagi kalo buat rekan-rekan Jika semua telah tersedia, sekarang mari kita mulai tahapan untuk me-recovery Grub Ubuntu kita.

1. Booting komputer anda dengan menggunakan LiveCD Ubuntu yang telah anda persiapkan sebelumnya. Dan bila telah masuk ke Desktop bukalah terminal dengan mengklik Applications –> Accesories –> Terminal

2. Setelah masuk terminal ketikkan perintah : sudo grub, masukkan password bila diminta, dan bila sudah masuk grub akan di tandai dengan berubahnya prompt anda menjadi GRUB >

3. Ketikkan perintah : find /boot/grub/stage1. perintah ini akan memunculkan lokasi dimana Grub anda berada, misal: (hd0,1)

4. Setelah itu ketik perintah “root” diikuti dengan lokasi dimana grub berada, misalnya: root (hd0,1)

5. Langkah berikutnya adalah menginstall Grub ke dalam MBR (Master Boot Record), dimana partisi MBR adalah (hd0) jika anda ingin menginstal GRUB bukan di MBR, maka ganti (hd0) dengan alamat partisinya misalkan (hd0,0). Ketikkan perintah : setup (hd0) (catatan: disini penulis menginstall grub ke dalam MBR). Dan bila telah selesai, keluarlah dari Grub dengan perintah: quit. Rebootlah komputer anda, dan seharusnya saat ini anda telah mendapatkan Grub anda kembali Bila ternyata anda masih belum bisa masuk ke menu Grub, dan komputer anda langsung masuk ke windows, coba check settingan /boot/grub/menu.lst, karena berdasarkan apa yang penulis alami, urutan booting mengikuti urutan booting yang ada di menu.lst (urutan booting terakhir sebelum loader tertimpa oleh loader Windows). Kalaupun urutannya berubah, ya mungkin anda perlu untuk mengubahnya lagi. caranya adalah:

1. buat backup file /boot/grub/menu.lst

2. edit file /boot/grub/menu.lst. cari section default. Biasanya di sebelah tulisan default tersebut tertulis angka. Nah, coba untuk mengubahnya. Setelah itu jangan lupa untuk menyimpannya sebelum keluar dan reboot kembali mesin anda Demikianlah ulasan yang dapat penulis share, semoga dapat membantu rekan-rekan disaat rekan-rekan mendapatkan masalah dengan Grub yang hilang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: